prestasi global's profile

7 Cara Mendidik Anak Agar Disiplin dan Patuh Sejak Keci

7 Cara Mendidik Anak Agar Disiplin dan Patuh Sejak Kecil
Masa masa paling tepat untuk parenting anak adalah saat usia anak masih balita. Anak balita biasanya sudah mulai memiliki inisiatif dan mulai memahami perintah dari orang tua nya. Jika anak balita dibiarkan begitu saja tanpa diberi didikan yang layak, bisa bisa si kecil tumbuh menjadi anak yang manja. Dan malah makin susah untuk dididik. Oleh karena itu orang tua perlu memberikan didikan yang tepat agar si kecil tumbuh menjadi anak yang disiplin dan mau berbakti kepada orang tua nya. Mendidik anak kecil tidak bisa disamakan dengan mendidik anak yang sudah sekolah. Anak balita perlu diterapkan didikan khusus agar mereka bisa mengerti nantinya. 7 cara berikut ini bisa anda terapkan dalam mendidik si buah hati :

1. Berikan Anak Tanggung Jawab Sejak Usia Dini

Salah satu bentuk mendisiplinkan anak sejak usia dini adalah dengan memberikan tanggung jawab kepada anak. Anak balita sebenarnya sudah bisa diberikan tanggung jawab, tetapi tentu saja tanggung jawab tersebut sifatnya yang sederhana. Misalnya seperti meletakkan mainan pada tempatnya setelah digunakan. Tindakan tindakan kecil seperti ini akan sangat baik untuk melatih kedisiplinan anak. Memang pada awalnya sangat sulit untuk menerapkan tanggung jawab tersebut. Tetapi jika dilakukan secara terus menerus maka si anak akan mengerti dan melakukan tanggung jawabnya.
Agar anak mau melakukan tanggung jawabnya, orang tua perlu memberikan motivasi berupa pujian atau memberikan hadiah pada anak. Jika si kecil berhasil merapikan mainannya setelah dipakai, berikan pujian pada anak biar anak paham bahwa perbuatannya tersebut merupakan perbuatan benar. Atau sesekali berikan hadiah pada anak, sehingga dia semakin termotivasi untuk melakukan hal hal yang disenangi oleh orang tuanya. Berikan tanggung jawab yang sesuai dengan umur anak, agar sifat disiplin nya terbentuk dengan baik. Tetapi jika anak tidak berhasil melaksanakan tanggung jawabnya, pemberian peringatan atau hukuman juga bisa dilakukan. Tetapi harus dalam taraf yang wajar dan ringan.







7 Cara Mendidik Anak Agar Disiplin dan Patuh Sejak Keci
Published:

7 Cara Mendidik Anak Agar Disiplin dan Patuh Sejak Keci

Published: