Tami Lestari's profile

Manfaat dari Penggunaan Kelapa Segar

6 Manfaat Penggunaan Kelapa Segar

Selain rasanya yang nikmat dan mudah diolah menjadi berbagai makanan dan minuman, ternyata daging buah kelapa menyimpan banyak manfaat yang sangat baik bagi kesehatan dan juga kecantikan, lho.

Bahkan sudah banyak penelitian yang dilakukan terhadap buah kelapa menunjukkan hasil positif, seperti 6 manfaat buah kelapa di bawah ini.

Mamfaat penggunaan kelapa segar

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah kelapa bisa membantu memelihara kesehatan organ jantung, terutama ekstrak minyak kelapa. 

Hal ini ditunjukkan oleh beberapa penelitian, salah satunya yaitu studi yang dipublikasikan BMJ Open.  

Dan hasilnya, kelompok orang yang mengonsumsi minyak kelapa menunjukkan bahwa peningkatan jumlah kolesterol baik (HDL) dalam darah.

2. Kaya Antioksidan untuk Menangkal Radikal Bebas

Manfaat buah kelapa lainnya adalah kaya akan antioksidan. Daging buah kelapa mengandung senyawa fenolik, yaitu antioksidan yang bisa untuk membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif. 

Tes dari laboratorium pada daging buah kelapa menunjukkan bahwa buah ini memiliki aktivitas antioksidan dan pembasmi radikal bebas. Polifenol yang ditemukan di dalam buah kelapa ini dapat untuk mencegah oksidasi kolesterol jahat (LDL), sehingga kecil kemungkinannya menyebabkan plak di arteri yang dapat meningkatkan risiko penyakit pada jantung. 

3. Baik untuk Diet dan Membantu Untuk Menurunkan Berat Badan

Berat badan yang terkontrol adalah manfaat dari buah kelapa lainnya yang bisa Moms dapatkan. Berdasarkan hasil dari studi para peneliti dari University of Quebec at Montreal, mengkonsumsi minyak kelapa murni yang diekstrak dari daging buah kelapa diketahui dapat mengurangi lemak pada perut. 

 Selain itu, kandungan serat daging kelapa yang tinggi dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga membantu mencegah makan berlebihan. 

4. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan
Manfaat buah kelapa untuk mengatasi konstipasi dapat dimungkinkan karena buah kelapa sangat kaya akan serat. Hal inilah yang membantu melancarkan buang air besar, serta menjaga keadaan usus dan sistem pencernaan Moms agar tetap sehat. Karena buah ini juga tinggi akan lemak, manfaat buah kelapa lainnya yaitu dapat membantu tubuh menyerap nutrisi yang larut dalam lemak, termasuk vitamin A, D, E, dan vitamin K.

Tidak hanya itu, MCT dalam daging buah kelapa ini telah terbukti bisa untuk memelihara bakteri baik dalam usus yang dapat melindungi sistem pencernaan dari peradangan hingga kondisi seperti sindrom metabolik. Terlebih lagi, minyak kelapa ini dapat mengurangi pertumbuhan jamur yang berbahaya, seperti Candida albicans yang dapat menyebabkan infeksi serius.

5. Membantu Pembentukan Produksi ASI

Ibu hamil dan ibu menyusui juga dapat meraskan manfaat dari buah kelapa yang luar biasa. Manfaat buah kelapa untuk ibu hamil yaitu dapat membantu produksi ASI. Menurut American Journal of Clinical Nutrition, persediaan ASI untuk Si Kecil akan semakin kaya nutrisi jika Moms rajin mengonsumsi minyak kelapa secara teratur selama masa kehamilan.

Hal ini mungkin terjadi karena kandungan asam laurat yang ada di dalam minyak kelapa dapat membantu pembentukan ASI sepanjang fase kehamilan dan menyusui.

6. Membantu Mengatasi Stres

Minyak kelapa atau virgin coconut oil (VCO) telah dikonsumsi di seluruh dunia karena berbagai manfaat buah kelapa bagi kesehatan. Beberapa manfaat dari olahan buah kelapa yang diekstrak menjadi minyak ini telah dilakukan evaluasi secara ilmiah. Asam lemak rantai menengah atau medium-chain fatty acids diketahui bersifat antidepresan potensial. Hasil ini menunjukkan bahwasannya nilai potensial VCO sebagai minyak fungsional antistress.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat buah kelapa lainnya yakni menjaga kelembapan kulit. Menggunakan ekstrak minyak kelapa murni atau VCO ke pada kulit dapat memelindungi dan memiliki efek anti-inflamasi. 

Hasil ini menunjukkan efek antiinflamasi CCE terhadap peradangan yang disebabkan oleh radiasi UVB. Tidak itu juga, kelompok partisipan yang menggunakan minyak VCO menunjukkan bawasannya peningkatan kadar kolagen dan hyaluronan sintase-3.

Itulah beberapa manfaat dari kelapa segar, buah kelapa juga bisa dijadikan minyak yang sehat loh, untuk menghasilkan minyak yang sehat dalam metode pengolahan VCO harus bener-bener diperhatikan agar bisa menghasilkan minyak VCO yang bagu.

Manfaat dari Penggunaan Kelapa Segar
Published:

Manfaat dari Penggunaan Kelapa Segar

Published:

Creative Fields